Friday, March 9, 2012

Teknologi Layanan Data ISP Operator Selular

      Operator seluler mempunyai keistimewaan dibanding ISP selainnya. Keistimewaan ini salah satunya berupa teknologi tanpa kabel yang dapat mempunyai kualitas transfer data setara kualitas internet kabel.  Kesetaraan kualitas ini tidak lain karena adanya teknologi transfer data yang terus dikembangkan. Teknologi apa yang dimaksud disini? Sebelum kita membahasnya perlu dipahami bahwa operator selular mempunyai bermacam metode layanan berdasarkan frekuensi gelombang yang digunakan. Metode metode yang cukup dikenal yaitu telepon berbasis GSM dan CDMA. Telepon seluler berbasis GSM dan CDMA berbeda dari segi frekuensi gelombang yang digunakan. dua metode layanan inilah yang memunculkan teknologi akses internet bagi konsumen. Penjelasan teknologi layanan akses internet ini sebagai berikut.
      Global System for Mobile (GSM) mempunyai teknologi pertukaran data yang populer dan dimanfaatkan sebagai layanan internet. Teknologi tersebut yakni 1G,2G (GPRS), EDGE, 3G, 3.5 G, dan 4G. 

  1. Generasi 1G: Teknologi ini kurang popular untuk layanan internet.
  2. Generasi 2G (GPRS): TEknologi pengiriman data dengan kemampuan transfer sampai 160 kbps.
  3. Generasi EDGE: EDGE adalah pengembangan teknologi GPRS. Kecepatan transfer data dapat mencapai 473,6 kbps.
  4. GEnerasi 3G dan 3.5G: Teknologi ini dikenal juga dengan istilah mobile broadband, layanan data internet berkecapatan hingga 3,6 Mbps.
  5. Generasi 4G: Teknologi ini disebut juga Long Term Evolution (LTE)
Source= Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 43

No comments:

Post a Comment